News

23 Pesawat China Terdeteksi Di Sekitar Wilayah Udara Taiwan

Berita terbaru dari Taiwan di bulan Juni 2024 menunjukkan berbagai perkembangan penting baik dari aspek geopolitik maupun domestik.

Featured-Image
Strings Of Paper Lanterns Decorating Street In Taipei (Pexels.com/Markus Winkler)

Salah satu isu utama adalah ketegangan yang terus meningkat antara Taiwan dan China. Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan bahwa pada awal Juni 2024, sebanyak 23 pesawat militer China terdeteksi di sekitar wilayah udara Taiwan dalam satu hari. Ini merupakan bagian dari rangkaian tekanan militer dari Beijing, yang terus berupaya menegaskan klaimnya atas Taiwan​ (Viva.co)​.

China juga terus memberikan peringatan kepada negara-negara asing untuk tidak mendukung kemerdekaan Taiwan. Pemerintah Beijing menganggap interaksi politik asing dengan Taiwan sebagai ancaman terhadap kedaulatan dan integritas teritorialnya. Situasi ini semakin diperburuk oleh latihan militer yang sering dilakukan China di sekitar Selat Taiwan​ (tirto.id)​.

Selain isu geopolitik, Taiwan juga mengalami dinamika politik domestik yang signifikan. Di bulan Mei 2024, rapat parlemen Taiwan sempat diwarnai oleh pertikaian fisik antar anggota parlemen saat membahas reformasi, menunjukkan betapa intensnya diskusi politik di negara tersebut menjelang pelantikan presiden baru, Lai Ching-te​ (Viva.co)​.

Secara keseluruhan, Taiwan saat ini berada di tengah-tengah berbagai tantangan dan dinamika baik dari sisi eksternal maupun internal, dengan ketegangan geopolitik yang tinggi dan perkembangan ekonomi serta politik domestik yang signifikan.

No comments yet. Start the discussion

Related

TrendingMore