Uang Palsu

Penemuan Uang Palsu Senilai Rp 22 miliar di Jakarta Barat

Senin, 24 Juni 2024, otoritas kepolisian mengumumkan penemuan besar-besaran uang palsu senilai total Rp 22 miliar di kawasan Jakarta Barat

Featured-Image
ilustrasi tangan memegang uang puluhan juta rupiah (Unsplash/Mufid Majnun)

Pada hari Senin, 24 Juni 2024, otoritas kepolisian mengumumkan penemuan besar-besaran uang palsu senilai total Rp 22 miliar di kawasan Jakarta Barat. Uang palsu ini diduga kuat merupakan hasil dari operasi jaringan peredaran uang palsu yang telah lama diawasi.

Menurut Kepala Kepolisian Jakarta Barat, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ahmad Subagyo, uang palsu tersebut ditemukan di sebuah gudang terpencil setelah mendapatkan informasi dari masyarakat. Gudang tersebut diyakini sebagai tempat penyimpanan dan pencetakan uang palsu dalam jumlah besar.

"Penggerebekan dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat dan investigasi yang dilakukan oleh tim intelijen. Kami berhasil menyita uang palsu dalam berbagai pecahan dan tahap proses pencetakan," ungkap Kombes Pol Ahmad Subagyo dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Jakarta Barat.

Dari hasil penyelidikan sementara, polisi juga berhasil menangkap dua orang tersangka yang diduga sebagai otak di balik jaringan tersebut. Keduanya saat ini sedang dalam pemeriksaan intensif untuk mengungkap lebih lanjut modus operandi serta jaringan yang lebih luas.

Kepolisian juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap peredaran uang palsu yang semakin canggih ini. Mereka juga meminta kerjasama aktif dari publik untuk melaporkan kecurigaan terhadap uang yang diterima, guna mencegah peredaran uang palsu yang dapat merugikan perekonomian negara.

Penemuan ini menjadi salah satu penangkapan terbesar dalam beberapa tahun terakhir terkait kasus uang palsu di wilayah Jakarta Barat. Kepolisian berjanji akan terus meningkatkan pengawasan serta koordinasi dengan instansi terkait untuk memutus mata rantai peredaran uang palsu di Indonesia.

No comments yet. Start the discussion

Related

TrendingMore